Cara screen sharing ke laptop windows 10

Saya baru tahu kalau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 ternyata bisa digunakan untuk screen sharing. Kita bisa sharing screen dari smartphone kita ke layar laptop Windows 10. Bagaimana caranya?

cara screen sharing HP ke laptop windows 10cara screen sharing HP ke laptop windows 10

Cara screen cast atau screen sharing smartphone ke layar laptop sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Aktifkan fitur screen sharing di Laptop

Untuk mengaktifkan fitur ini, kita perlu menuju halaman setting dan memilih project to this PC. Cara paling mudah adalah dengan mengetikkan 'project screen to this PC' pada search di Windows menu bar. 

Selanjutnya kita harus setting allow to project to this PC. Untuk mempermudah kita bisa menonaktifkan pilihan untuk memasukkan kode pada saat pairing. Atau kita juga bisa pilih untuk memasukkan kode pada saat first pairing saja.

Setting screen sharing di Laptop Windows 10
Setting screen sharing di Laptop Windows 10

2. Memproyeksikan layar smartphone ke laptop

Selanjutnya pada smartphone atau tablet, kita harus mencari settingan screen sharing atau screen cast. Tidak semua smartphone memiliki fitur ini. Jika sudah ketemu maka kita tinggal pilih screen sharing dan tunggu sampai layar smartphone kita terkoneksi dengan layar laptop.

Di bawah ini contoh settingan screen sharing pada smartphone LG G5.

Pilihan screen sharing pada HP LG G5
Pilihan screen sharing pada HP LG G5


Apa manfaat dari screen sharing ke laptop dari smartphone ini?

Banyak manfaat yang bisa diambil dari fitur ini. Salah satunya adalah mendapatkan tampilan smartphone di layar laptop yang jauh lebih besar.

Manfaat lain dari screen sharing ini adalah untuk mengakali proteksi beberapa aplikasi di Android yang menon-aktifkan fitur screen shoot saat aplikasi sedang dijalankan. Contohnya adalah aplikasi mobile banking. Saya menggunakan aplikasi mobile banking Mandiri. Pada saat saya ingin mengambil screenshoot dari history transaksi atau tampilan lain dari aplikasi mobile banking, saya mendapati notifikasi bahwa fitur screenshoot di non aktifkan atau di disabled.

Kita bisa mengakali proteksi ini dengan mengambil screenshot pada layar komputer. Semua tampilan yang ada di layar smartphone akan disharing ke layar laptop menggunakan fitur screen cast ini. Selanjutnya kita bisa mengambil screenshoot dari tampilan yang ada dari laptop atau komputer kita.


Belum ada Komentar untuk "Cara screen sharing ke laptop windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel