Cara menghubungkan laptop ke proyektor Windows 10

Bagi yang sering melakukan presentasi menggunakan laptop, tentunya sudah sangat familier dengan cara menghubungkan laptop ke proyektor atau LCD pada Windows 10. Namun demikian, kadang-kadang kita masih mendapati kesulitan dalam menampilkan layar dari laptop ke proyektor disebabkan karena berbagai hal. Misalnya port yang berbeda antara yang tersedia di laptop dengan yang tersedia pada proyektor.
Cara menghubungkan laptop ke proyektor Windows 10
Cara menghubungkan laptop ke proyektor Windows 10
Pada artikel ini saya akan bahas mengenai cara menghubungkan laptop ke proyektor dan berbagai macam troubleshooting yang mungkin ditemui pada saat menghubungkan laptop ke proyektor pada Windows 10.

Berikut ini cara menghubungkan laptop ke proyektor pada Windows 10.
1. Pilih kabel sesuai port yang tersedia antara Laptop dan Proyektor
2. Colokkan kabel ke Laptop dan Proyektor
3. Tekan tombol Windows dan ketikkan "Project to Second Screen". 
4. Kita juga bisa menggunakan tombol Windows + P untuk memunculkan pilihan proyektor
5. Setelah dipilih "Project to Second Screen", pada bagian kanan laptop akan muncul beberapa pilihan (PC Screen Only, Duplicate, Extend, dan second Screen Only) 
Setting, Project to a Second Screen
Setting, Project to a Second Screen
Beberapa catatan cara mengubungkan laptop ke Proyektor pada Windows 10

Hal yang pertama, kita perlu memahami bahwa berbagai macam hardware bisa dikenali oleh komputer atau laptop dengan bantuan driver dari hardware tersebut. Demikian luga layar proyektor bisa dikenali oleh komputer karena ada drivernya. Untuk proyektor, biasanya driver dari hardware tersebut sudah tersedia di komputer. Sehingga pada saat kita menghubungkan laptop ke layar proyektor maka bisa langsung terdeteksi. Plug and Play.

Hal kedua, yang perlu kita pahami adalah layar atau proyektor bisa kita manfaatkan untuk memproyeksikan apa yang ada dilayar kita atau bisa kita gunakan sebagai perpanjangan layar (extended screen). Saat anda menghubungkan laptop ke layar proyektor atau monitor tambahan, kita bisa memilih apakah tampilan gambar hanya dimunculkan di layar proyektor saja, ditampilkan pada layar laptop saja atau ditampilkan pada kedua layar baik berupa duplikat layar maupun ekstensi atau perpanjangan layar.

Hal ketiga yang perlu kita pahami adalah berbagai jenis port yang bisa digunakan untuk menghubungkan laptop dengan layar proyektor. Berikut ini contoh-contohnya:
1. Port AV
2. Port VGA
3. Port HDMI
4. Port USB-A
5. Port USB-B
6. Wifi

Kita harus menyesuaikan kabel yang digunakan sesuai dengan port yang teredia pada laptop dan proyektor.
Port Yang Tersedia Pada Proyektor
Port Yang Tersedia Pada Proyektor

Demikian tips singkat mengenai cara menghubungkan laptop ke proyektor pada Windows 10.



Belum ada Komentar untuk "Cara menghubungkan laptop ke proyektor Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel