5 manfaat on screen Keyboard

On screen keyboard yang ada di Windows 10 itu ada banyak manfaatnya lho. Di bawah ini saya paparkan 5 manfaat On Screen Keyboard yang jarang diketahui orang atau jarang disadari para pengguna Windows 10.

1. Manfaat On Scren Keyboard untuk melindungi privasi data

On screen keyboard bisa digunakan untuk melindungi privasi data. Data yang dimasukkan atau diketikkan melalui On Screen Keyboard tidak akan terdeteksi oleh program keyboard keylogger.

Jika anda menggunakan komputer umum misalnya di warnet atau di public area bandara, sebaiknya anda perlu berhati-hati dalam memasukkan user name dan password untuk akun yang anda akses. Jika ada orang yang iseng memasang keylogger maka semua data yang dimasukkan ke komputer melalui keyboard fisik akan terekam oleh keylogger.
Manfaat On Screen Keyboard di Windows 10
Manfaat On Screen Keyboard di Windows 10

2. Manfaat On Screen Keyboard untuk menggantikan keypad yang rusak

On screen keyboard merupakan keyboard virtual, jadi tidak akan rusak keypadnya seperti keyboard fisik. Sering kali kita mendapati salah satu atau beberapa keypad di laptop kita tidak berfungsi karena rusak. Akan sangat menjengkelkan misalnya username kita atau password kita berisi salah satu keypad yang rusak tersebut.

Untungnya ada On Screen Keyboard. Anda bisa menggunakan On Screen Keyboard untuk menggantikan keypad yang rusak pada keyboard fisik anda. Tentunya hal ini hanya untuk kondisi emergency. Anda harus segera memperbaiki keyboard fisik anda.

3. Manfaat on screen keyboard untuk mencari keypad yang tidak ada di keyboard fisik.

Keyboard fisik mempunyai kelemahan dalam hal space atau tempat. Untuk mengejar desain keyboard yang ramping tapi tetap nyaman saat digunakan, biasanya keyboard laptop dibuat dengan tombol-tombol yang terbatas. Sebut saja numeric keypad pasti tidak tersedia. Selain itu beberapa tombol Fn seperti Scroll Lock dibuat dengan kombinasi antara tombol Fn dan huruf tertentu untuk menghemat tempat. Kombinasi Fn dan huruf ini biasanya berbeda-beda sehingga susah untuk diingat-ingat.

Anda bisa memanfaatkan on screen keyboard untuk mengakses keypad yang tidak tersedia secara langsung di keyboard fisik anda. Misalnya anda secara tidak sengaja mengaktifkan Scroll Lock. Anda tidak bisa berpindah dari satu cells Excel ke cells lain menggunakan anak panah karena anak panah keyboard sekarang berfungsi sebagai tombol scroll lock.

Untuk mencari kombinasi tombol Fn dan huruf yang mengaktifkan atau me-non aktifkan tombol Scroll Lock, mau tidak mau kita harus mencoba kombinasi semua karakter atau harus membaca manual dari laptop kita.

Untungnya ada on screen keyboard yang bisa digunakan untuk memunculkan tombol scroll lock secara virtual. Dengan sekali klik pada keypad scroll lock di On screen Keyboard maka masalah Scroll Lock kita sudah bisa diatasi.

4. Manfaat on screen keyboard untuk login Windows

On Screen Keyboard bisa juga digunakan pada saat login Windows. Tombol ease of access yang terletak di bagian kanan bawah halaman login Windows bisa diklik dan kita bisa mengaktifkan On Screen Keyboard untuk mengetikkan user name dan password login windows. Menggunakan On Screen Keyboard akan lebih aman dari ancaman pencurian data melalui keylogger.

5. Manfaat On Screen Keyboard untuk prediksi text

On Screen Keyboard bisa dijalankan menggunakan klik mouse pada keyboard virtual yang muncul di layar atau bisa juga digunakan dengan cara menggerakkan mouse diatas tombol keyboard virtual di layar. Selain untuk mengetik, On Screen Keyboard juga mempunyai fitur text prediction. Hal ini akan memudahkan dalam mengetik

5 hal diatas merupakan beberapa manfaat On Screen keyboard pada Windows 10. Kedepan seharusnya fitur ini bisa ditingkatkan lagi seperti kemapuan virtual keyboard yang ada pada smartphone. Virtual keyboard pada smartphone bisa diganti dengan berbagai macam jenis keyboard dan layout keyboard.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda pernah menggunakan On Screen keyboard? Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat bagi anda.

Belum ada Komentar untuk "5 manfaat on screen Keyboard"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel